Jumat, 06 Oktober 2023

Kenangan di Rumah Nenek Rogayah


Sejak kecil, rumah nenek adalah tempat tinggalku. Sehari-hari, nenekku menjual beragam makanan lezat seperti lontong isi kentang, buras plus oseng kelapa, singkong goreng, pisang goreng, tahu isi, dan lain sebagainya. Sebelum fajar menyingsing, kayu bakar sudah menyala di dapur nenek untuk memasak aneka kue tersebut. Setelah shubuh, beberapa ibu-ibu datang untuk mengambil kue-kue tersebut guna dijual keliling kampung.

Rumah nenek terletak dekat dengan masjid. Pada pagi hari Jumat, nenek sibuk membersihkan, menyapu, dan menggelar karpet sebagai persiapan bagi para bapak-bapak yang akan melaksanakan shalat Jumat. Di depan rumah nenek, terdapat pasar tumpah yang dikenal sebagai pasar Ciplak. Banyak pedagang yang menjual berbagai perabot rumah tangga, sayuran, buah-buahan, baju, dan sebagainya. Hobinya nenek adalah berbelanja piring dan gelas.

Setelah pulang ngaji, aku sering jajan martabak di pasar ini. Harganya waktu itu masih sangat terjangkau, martabak seharga 100 rupiah, dan bakso seharga 300 rupiah, walaupun itu sudah termasuk kelas bakso mewah. Nenek juga menjadi guru ngaji. Setelah maghrib, saya dan teman-teman ngaji di rumah nenek. Di malam Jumat, kami membaca surat Yasin, Al-Mulk, dan Al-Waqiah. Setelah ngaji, nenek selalu menyediakan bubur kacang ijo untuk kami nikmati.

Pada tahun 1995, nenek meninggal. Aku menyaksikan bagaimana nenek menghadapi sakaratul maut dengan tenang. Meskipun tubuhnya lemah, lisannya masih mampu mengucapkan kalimat tauhid. Kini, nenek tidak ada lagi, namun kenangannya tetap hidup. Beliau telah banyak berjasa dalam hidupku.

Oh iya, namanya adalah Hj. Rogayah binti H. Mughni. Marilah kita bacakan doa untuk beliau, semoga amal baiknya menjadi penerang dalam kuburnya, dan beliau dimasukkan dalam barisan orang-orang yang diridhoi oleh Allah SWT. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Khutbah dan Buah Favorit

Depok, Jumat, 11:11 WIB Langit Depok memancarkan sinar mentari pagi yang hangat, menyapa hari Jumat penuh berkah. Saya, dengan semangat khus...