Selasa, 16 Januari 2024

Rumah Tua di Depan Rumah Misbah


Pada setiap tanggal 15, kami, anggota paguyuban pedagang tahu dan tempe, berkumpul untuk acara arisan. Paguyuban ini telah berdiri kokoh selama 10 tahun terakhir, dengan jumlah anggota yang kini mencapai 35 orang.

Tepat pada tanggal 15 Januari kali ini, kami berkumpul di rumah Pak Misbah Munir yang beralamat di Jl. H. Amin No.90, RT.4/RW.2, Lenteng Agung. Perjalanan kami menuju lokasi dilakukan dengan konvoi naik motor. Setibanya di rumah Pak Misbah, kami disambut hangat olehnya.

Ternyata, awal masuk gerbang kami dibuat kaget, di bagian belakang rumahnya ada 30 ekor sapi, dan susu dari sapi-sapi tersebut dikirimkan ke koperasi. Selain itu, Pak Misbah juga membuka majlis taklim untuk ibu-ibu setiap hari Ahad sore. Tak hanya itu, kegiatan seni baca Al-Quran juga diadakan untuk anak-anak setiap Kamis sore. Pengajar taklim untuk ibu-ibu adalah istri dari Habib Ali Tebet, sementara seni tilawah Quran diasuh oleh kakaknya, yang juga merupakan juara dalam berbagai lomba seni tilawah Quran tingkat nasional.

Kami semua terkagum-kagum melihat ruangan tempat kami berkumpul. Dipenuhi dengan berbagai tropi piala yang tersebar di satu lemari. Misbah menceritakan bahwa semua piala tersebut adalah hasil dari berbagai lomba yang dimenangkan oleh kakak-kakaknya dalam seni tilawah Quran tingkat nasional. Tidak hanya piala, tapi kakaknya juga menerima hadiah umroh dan haji.

Acara arisan kami dimulai pukul 21:15 dan berakhir pada pukul 22:15. Acara diawali dengan tahlil yang dipimpin oleh Bapak Syamsuri, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Paguyuban, Bapak Supardi. Setelah itu, kami menikmati obrolan santai sambil menikmati kue dan teh manis.

Sebelum kami pamit, kami merasa senang bisa berkunjung ke rumah Pak Misbah. Rumahnya nyaman, dan keunikan lainnya adalah adanya sungai Ciliwung di sebelah kanan rumahnya sekitar 30 meter. Di depan rumah Misbah, terdapat sebuah rumah tua dan kosong. Saya penasaran dan bertanya, "Rumah itu milik siapa?" Misbah menjawab, "Itu rumah kosong sudah lama, merupakan warisan keluarga. Namun, setiap ahli waris tidak bisa sepakat apakah rumah tersebut akan dijual atau disewakan." Owalah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Khutbah dan Buah Favorit

Depok, Jumat, 11:11 WIB Langit Depok memancarkan sinar mentari pagi yang hangat, menyapa hari Jumat penuh berkah. Saya, dengan semangat khus...